Liburan Ala FLP Wilayah Jakarta Raya


Flp-jakarta.org – Menghabiskan sisa liburan awal tahun, FLP wilayah Jakarta Raya menggelar kegiatan Upgrading. Meski acara ini dikhususkan sebagai peningkatan mutu kinerja para pengurus 5 cabang yang dinaungi, yaitu cabang Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, dan Ciputat, pemilihan Pondok Zidane di daerah Depok sebagai lokasi acara membuat Upgrading FLP wilayah Jakarta Raya menjadi sangat menyenangkan.

Siang itu, Sabtu (04/01/2020), di aula Pondok Zidane, agenda Upgrading resmi dimulai. Berjumlah 8 orang peserta, setelah dibacakan susunan acaranya oleh Faza V Syahrini, agenda Upgrading secara taktis berlanjut ke pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Emil Supriatna, sambutan Ketua Panitia oleh Andi T. Dala, dan sambutan ketua FLP Wilayah Jakarta Raya oleh Ikhwan Al-Amin. Karena acara berlangsung selama 2 hari, sebelum agenda inti dimulai, peserta disuguhi film pilihan panitia untuk me-refresh suasana siang itu. Tidak lupa, panitia menugaskan peserta untuk membuat review film tersebut. Sore hari setelah dijeda shalat Ashar, acara inti pun dimulai, yaitu sosialisasi kesekretariatan yang diisi oleh Sri Widiastuti, Sekretaris BPP Wilayah hingga Maghrib menjelang.

Dalam kesempatan tersebut, Sri menjelaskan tata cara perapihan administrasi dan dokumentasi yang sesuai dengan aturan BPP FLP. Cara penomoran surat masuk dan surat keluar, baik internal maupun eksternal. Sosialisasi logo yang benar, makna warna dan letak tambahan penamaan daerah yang diperbolehkan. Semua cabang diminta untuk mengikuti aturan yang berlaku.

Pasca ishoma, peserta kembali ke aula untuk mengikuti agenda kaderisasi. Dipandu oleh Iecha (sapaan hangat Faza V. Syahrini), setiap peserta diminta untuk menuliskan program kaderisasi, keorganisasian, dan keislaman yang diberlakukan di setiap cabang. Masing-masing cabang juga diminta untuk menyerahkan modul yang saat  ini digunakan sebagai pedoman pramuda. Hal ini sesuai dengan tujuan Upgrading yang disebutkan Ikhwan, “In syā Allāh FLP Wilayah akan menerbitkan Buku Pedoman Kaderisasi di lingkungan Jakarta Raya”.

Jeda sejenak, Agenda beralih membahas manusia FLP. Dimoderatori oleh Ikhwan, Irfan Azizi (Koordinator Divisi Jarwil) dari BPP  pun sigap menjelaskan tentang keorganisasian, kaderisasi, dan karakter setiap jenjang anggota FLP. Irfan mengaku semangatnya selalu bangkit kembali setiap menemui rekan-rekan yang rela berkorban untuk mengurus FLP.

“Saya titip kepada rekan-rekan semua, selipkan doa-doa sesama kita di momen-momen mustajab; saat hujan, saat perjalanan, saat dihimpit kesulitan, dan saat-saat lainnya. Sebab kita tidak pernah tahu akan sekuat apa berada di kepengurusan ini. Telah banyak yang uzur, mundur, hingga akhirnya gugur. Maka, semoga doa-doa sesama kita bisa menguatkan diri-diri kita. Apalagi doa-doa yang tersembunyi itu lebih mustajab,” pesan Irfan Azizi.

Pukul 02.00 dini hari, agenda belum usai. Untuk membangkitkan semangat para peserta, acara diselingi dengan games ringan yang membuat peserta kembali segar. Lalu agenda berlanjut ke simulasi sidang yang dilakoni oleh para peserta. Meski malam sudah larut dan ada peserta yang tertidur, sebagian besar peserta lainnya tetap antusias menyimak penjelasan Ikhwan tentang pelaksanaan sidang.

Satu jam kemudian, simulasi sidang usai. Waktunya istirahat. Para peserta dan panitia menuju kamar masing-masing untuk meng-charge tenaga agar bisa kembali beraktivitas setelah subuh.

Di Ahad pagi, setelah shalat subuh dan kultum, peserta diajak oleh panitia berkeliling Pondok Zidane. Berjalan santai sambil menikmati pemandangan. Para peserta pun tidak menyia-nyiakan kesempatan. Ada yang berolahraga, memainkan sarana bermain di taman yang tersedia, ada pula yang berswafoto.

Kegiatan terakhir sebelum pulang adalah 1 agenda inti. Sosialisasi kehumasan. Panitia dan peserta kembali berkumpul di aula seusai sarapan dan mengumpulkan tulisan bertema “Andai aku menjadi pengurus pusat”. Karena efek sarapan dan olahraga di pagi hari, peserta menjadi lebih bersemangat lagi mengikuti agenda terakhir.


Muhamad Nanda juga tak kalah semangat. Selaku Kepala Divisi Humas di FLP Wilayah Jakarta Raya, Nanda menjelaskan program humas yang baru. Program humas wilayah ini sebenarnya telah didebut sejak acara TOT lalu, akan tetapi di acara Upgrading Nanda menjelaskannya lebih detail. Humas wilayah menyediakan wadah khusus yang terintegrasi untuk kelima cabang. Jadi dengan program ini, masyarakat bisa lebih mudah menjangkau dan mendapatkan informasi tentang FLP Wilayah Jakarta Raya.


Akhirnya acara Upgrading selesai. Sebelum ditutup, Ikhwan mengumumkan hasil assessment peningkatan jenjang muda ke madya. Ikhwan juga membagikan SK Ketua cabang Jakarta dan Bekasi yang beru saja berganti kepengurusan. Sebagai catatan tambahan, mengingat betapa pentingnya kenaikan jenjang muda ke madya, panitia mengumumkan assessment peningkatan jenjang akan diadakan setiap 6 bulan sekali. Setiap pengurus cabang diminta mempersiapkan lagi nama-nama anggota yang dinilai telah memenuhi syarat mengikuti program tersebut.





Liburan Ala FLP Wilayah Jakarta Raya Liburan Ala FLP Wilayah Jakarta Raya Reviewed by FLP cabang Jakarta on Friday, January 10, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.