Ketua FLP Wilayah Jakarta Raya: Menulis Bukan Teori, Tapi Praktik


Jakarta - Kelas perdana Pramuda Angkatan 22 Forum Lingkar Pena Cabang Jakarta sukses digelar, Ahad (08/12/2019). Bertempat di JNE Kantor Perwakilan Matraman, kelas perdana ini menghadirkan Ikhwan Al-Amin, Ketua FLP Wilayah Jakarta Raya saat ini. Diiringi semangat para peserta, pagi itu Ikhwan menyampaikan materi tentang Ke-FLP-an dan Motivasi Organisasi.

Ikhwan mengungkapkan, dari 32 FLP wilayah di seluruh dunia, terdapat kurang lebih 3100 anggota yang terdata. FLP Wilayah Jakarta Raya sendiri meliputi cabang Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi dan Ciputat. FLP tidak membatasi umur anggotanya. Seperti FLP Solo, salah satu anggotanya seorang laki-laki berumur 60 tahun.


Tak sekedar menyampaikan wawasan ke-FLP-an, ia juga memotivasi para anggota Pramuda untuk menjadi penulis yang baik.

"Kunci dari kepenulisan bukan dari teori, namun praktiknya," ujarnya tegas. Hal tersebut dapat dilatih dengan membuat reportase setiap pertemuan. "Setiap hari harus nulis, one day one post."

Masih dalam penjelasan Ikhwan tentang organisasi kepenulisan, ia berpesan, "Memiliki teman yang sudah punya karya memunculkan semangat untuk berkarya. Memiliki teman yang minatnya sama, dapat memotivasi kita."

Arya Noor Amarsyah, penasihat FLP Jakarta, turut berbagi ilmu dalam sesi diskusi. Bersama Ikhwan, ia menanggapi beberapa pertanyaan Pramuda. Salah satunya tentang bagaimana memunculkan ide dalam menulis.

"Makin banyak baca, insya Allah nggak kehabisan ide. Bagi seorang anak kecil, apa saja jadi mainan. Bagi seorang penulis apa saja bisa jadi tulisan." ungkap Arya. Menurutnya, pengalaman apapun yang terjadi lalu kita rekam, walau sederhana dapat dibuat menjadi tulisan.

Hal tersebut dilengkapi Ikhwan dengan mengutip kalimat Gola Gong, "Penulis yang sehat itu penulis yang selalu baca". Jadi sebelum nulis itu kita harus riset. Sarana riset itu jangan dibatasi. Pokoknya hasil pengalaman kita itu riset," tandasnya, mengakhiri sesi diskusi.

Anggota Pramuda 22 yang hadir pun tampak manggut-manggut mendengarkan mereka berdua berbagi ilmu dalam pertemuan perdana ini. (Lail)
Ketua FLP Wilayah Jakarta Raya: Menulis Bukan Teori, Tapi Praktik Ketua FLP Wilayah Jakarta Raya: Menulis Bukan Teori, Tapi Praktik Reviewed by FLP cabang Jakarta on Monday, December 09, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.