Bicara Tentang Literasi, Chandrika: Dimulai dari Orangtua


Jakarta - Hadir sebagai pembicara termuda dalam acara literasi, Chandrika (Chika) sampaikan pesan penting bagi para orangtua. Baginya, menyukai dunia literasi bukan sesuatu yang dapat diwujudkan secara instan, tapi perlu pembiasaan dan keteladanan dari orangtua.

“Jangan harap anak-anak bisa suka membaca dan menulis kalau orangtua tidak mengajarkan untuk menyukainya” ujar Chika.

Chika mengaku kegemarannya menekuni dunia literasi sudah ada sejak kecil. Hal ini didapatkan dari ibunya yang juga tergabung dalam Komunitas MAGMA, Komunitas Masyarakat Gemar Membaca. Meski demikian, bukan berarti Chika bisa menulis tanpa hambatan. Saat menulis Novel Langit Buta Bulan Bisu, bahkan Chika sempat stuck. Namun Chika tidak menyerah dan akhirnya mampu menyelesaikan buku perdananya di KKPK dalam waktu 1,5 tahun.

Pernyataan siswa kelas IX Anderson School BSD ini disampaikan dalam acara Remaja Milenial Berbincang Minat Baca dan Kecerdasan Literasi di Perpusnas RI Salemba, Jakarta Pusat, Ahad (06/10/2019). Selain Chika, tiga pembicara lain tidak kalah menginspirasi. Ada Alya Nabila (None Buku DKI Jakarta), Edy Fajar (Peraih TBM Award), dan Dani Akhyar (Kepala CSR PT Smartfren Telecom). Acara ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Pekan Literasi yang diselenggarakan oleh KBBK Titian Insan Cemerlang (TIC).

Dua acara sebelumnya membahas wisata buku untuk anak usia dini dan pelatihan menulis artikel ilmiah telah berlangsung di tanggal 2 dan 4 Oktober 2019. Sedangkan dua acara lagi, yaitu pelatihan mendongeng akan dilakukan pada 11 Oktober 2019 dan Peran Strategis Keluarga, Sekolah, Masyarakat, dan Pemerintah dalam Meningkatkan Kecerdasan Literasi sebagai acara puncak akan berlangsung di Perpusnas RI Jalan Medan Merdeka pada 13 Oktober 2019.

Saat dikabarkan acara ini, Billy Antoro, senior FLP Jakarta yang bergabung dengan Kemdikbud di Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Ditjen Dikdasmen pun antusias. “Bagus sekali jika FLP Jakarta memang terlibat dalam penyelenggaraan acara seperti ini. Bahkan Jika menjadi narasumber acara,” ungkapnya.

Reporter: Winda Ariyanita

Bicara Tentang Literasi, Chandrika: Dimulai dari Orangtua Bicara Tentang Literasi, Chandrika: Dimulai dari Orangtua Reviewed by FLP cabang Jakarta on Monday, October 07, 2019 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.