Menuangkan Pengalaman Hidup ke dalam Sebuah Tulisan

Stories of Your Life book
Kisah Pribadi Para Penulis
Judul               : Stories of Your Life
Penulis            : Miley Ann Hasneni, dkk.
Penerbit           : Diva Press, 2018
Tebal               : 136 halaman

Beberapa waktu lalu penerbit buku Diva Press menyelenggarakan lomba menulis dengan berbagai tema. Salah satu temanya adalah Stories of Your Life (SoYL), yang berisi kisah-kisah pribadi para penulisnya. SoYL terdiri atas beberapa sub-tema, yaitu Kisah Tentang Mereka yang Tinggal di Daerah Perbatasan, Kisah Tentang Sebuah Kota dengan Ciri Khas Istimewa, Kisah di dalam Bioskop, Kisah Pengalaman Bertemu Calon Mertua, dan Kisah Pengantin Baru.

Dalam lomba tersebut, penerbit memilih dan membukukan tulisan 17 kontributor. Salah satu tulisan kontributor yang terpilih adalah milik Rukhaniyah, anggota FLP Jakarta angkatan 19, dengan tema tulisan Kisah di dalam Bioskop. Pengalaman tidak mengenakkan yang pernah dialaminya di dalam bioskop menjadi ide dalam tulisan yang berjudul “Bioskop dan Kamera Baru”.

Zaman sekarang orang tak ragu mengabadikan gambar di dalam bioskop. Lalu, siapa yang dapat menjamin mereka tidak melakukan perekaman film dengan ponsel pintarnya?” (hlm. 90).

Kisah seru lainnya dapat Anda temukan pada tulisan dengan tema “Kisah Tentang Mereka yang Tinggal di Daerah Perbatasan”. Lokasi sebuah kecamatan kecil yang ada di Pontianak, yaitu Kecamatan Seluas, berbatasan langsung dengan Malaysia. Masyarakat yang tinggal di perbatasan tersebut dapat dengan mudah keluar masuk ke negeri tetangga melalui jalur ilegal. Mereka terbiasa membeli barang-barang dari Malaysia karena harga yang lebih murah daripada di Indonesia.

Situasi yang sangat berbeda dapat dilihat ketika melintasi perbatasan di antara kedua negara tersebut. Malaysia dengan jalanannya yang bersih, udara yang lebih segar, dan pepohonan yang menyegarkan mata, terlihat begitu kontras dengan lingkungan Indonesia yang masih terlihat kotor.

Satu hal yang membuatku heran, kenapa begitu warga Indonesia menginjakkan kaki di Malaysia, secara otomatis mereka akan menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan. Sedangkan ketika di negara sendiri, tidak ada rasa kepedulian akan kebersihan” (hlm. 113).

Kisah-kisah sederhana, tetapi dengan kedalaman makna para penulisnya ini menjadikan buku Stories of Your Life layak Anda nikmati. Desain sampul yang atraktif dan penuh warna menambah daya tarik bukunya.

Sayangnya, tulisan bertemakan Kisah Tentang Mereka yang Tinggal di Daerah Perbatasan dan Kisah Tentang Sebuah Kota dengan Ciri Khas Istimewa tidak disertai gambar-gambar atau foto-foto yang menampilkan keadaan kota-kota tersebut. Padahal, jika saja disisipi dengan foto-foto, tentunya tulisannya akan menjadi lebih informatif dan pembaca dapat seolah ikut merasakan keindahan kota yang dimaksud para penulis.

Semoga karya sederhana ini dapat terus memotivasi kita untuk terus belajar dan berlatih menulis, hingga kemudian terwujud sebuah karya yang berkualitas dan bermanfaat.

Penulis: Nia Hanie Zen
Editor: Aulia Nurdini

Menuangkan Pengalaman Hidup ke dalam Sebuah Tulisan Menuangkan Pengalaman Hidup ke dalam Sebuah Tulisan Reviewed by FLP cabang Jakarta on 1:34 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.