Menikmati Keindahan Puisi dalam Bahasa Inggris

Menikmati Keindahan Puisi dalam Bahasa Inggris
Keindahan Puisi dalam Bahasa Inggris
Judul               : The Crescent Heart
Penulis             : Asqarini
Penerbit           : Diandra Kreatif
Tebal               : 62 halaman
Terbit               : Maret, 2018

Membaca sebuah puisi membutuhkan jeda waktu untuk sekadar menikmati bait demi bait, mendalami maknanya sekaligus memikirkan maksud yang tersirat dari puisi tersebut. Umumnya, puisi ditulis dengan pemilihan diksi yang mendalam dari penulisnya. Tidak sembarang diksi digunakan, karena puisi adalah karya seni mengolah kata-kata menjadi indah dan unik.

Asqarini, salah satu anggota senior di FLP Jakarta, menuliskan puisinya pun dengan begitu indah dalam buku kumpulan puisi yang berjudul The Crescent Heart. Penulis membuat semua puisinya dalam bahasa Inggris dengan kosakata yang masihlah bersifat umum dan familiar bagi pembaca sehingga mudah dipahami. Anda dapat menikmati setiap bait-bait puisinya, juga sekaligus bisa mempelajari bahasa Inggris.

Penulis membuat puisi dengan tema yang beragam. Ada tema tentang alam seperti pada puisi yang berjudul “Rainbow” dan “The Falling Leaves”, tema tentang keyakinan pada Sang Pencipta “The Path”, tema tentang cinta kepada orang tua “There is Eden in Your Eyes, Mother” dan puisi berjudul “Father”, serta tema-tema lainnya. Simak saja salah satu contohnya sebagai berikut:
Moonlight

In this cold chilly night
I steal a half moonlight
The sky looks too dark to describe
Is there a secret inside?

Puisi "Moonlight" tersebut merupakan puisi sederhana dengan rima yang pas membuatnya asyik dinikmati. Saya mencoba menafsirkan puisi tersebut dengan banyaknya persoalan yang dialami oleh manusia hingga membuatnya terasa berat dan semua menjadi gelap. Namun demikian, selalu ada hikmah atau rahasia yang sesungguhnya ingin Allah sampaikan kepada kita agar kita dapat menemukan setitik cahaya untuk keluar dari kegelapan.

Tentu saja, penafsiran saya mungkin akan berbeda dengan maksud sebenarnya penulis dan juga pemahaman orang lain yang membacanya. Sebab satu puisi bisa memiliki makna majemuk dan setiap orang mempunyai penafsirannya masing-masing. Itulah keunikan sebuah puisi. Semakin sering dibaca akan membuat kita semakin dalam memikirkannya.

Ada satu hal yang luput dari buku ini, yaitu lokasi penulisan puisi yang tidak disertakan di semua puisi. Penulis hanya mencantumkan tanggal dan tahun saja. Namun, hal tersebut tidak mengurangi keasyikan membaca puisi-puisi Asqarini berulang kali. Buku ini semakin menarik dengan disain sampul yang cantik dan elegan.

Penulis: Nia Hanie Zen
Editor: Aulia Nurdini

Menikmati Keindahan Puisi dalam Bahasa Inggris Menikmati Keindahan Puisi dalam Bahasa Inggris Reviewed by FLP cabang Jakarta on 10:07 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.