Apa Motivasi Anda Menjadi Penulis?

Welcome to Becoming Writer
Berbagai Alasan Menjadi Penulis
Judul               : Welcome to Becoming Writer
Penulis             : 99+ penulis terpilih
Penerbit           : Penerbit WR
Cetakan           : I, 2018
Tebal               : 289 halaman

Anda tertarik berprofesi sebagai penulis? Untuk itu, tampaknya Anda butuh mempertimbangkannya secara khusus dan mendalam. Pasalnya, profesi penulis bukanlah soal materi belaka, melainkan lebih kepada pilihan hati dan kepuasan batin. Penulis merupakan profesi yang tidak serta merta akan mengalirkan pundi-pundi rupiah yang melimpah, semisal profesi lainnya, seperti dokter, artis, politikus, dll. Pramoedya Ananta Toer menyatakan “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. Pikirkanlah! Betapa rentang usia hidup manusia itu terbatas, sedangkan karya Anda yang berupa tulisan akanlah kekal abadi.

Buku Welcome to Becoming Writer ini merangkum 100 alasan dari 100 penulis yang berhasil dikumpulkan menjadi sebuah buku oleh akun komunitas @nulisyuk di Instagram. Seratus alasan ini mengungkapkan isi hati para penulis mengapa mereka ingin jadi penulis. Tentunya, setiap penulis memiliki alasan dan motivasi yang berbeda-beda. Di antaranya adalah keinginan menjadi terkenal, mendapatkan penghasilan dari menulis, membahagiakan orang tua, bermanfaat bagi orang lain, sebagai wadah curhat, mengungkapkan pendapat, dan lain-lain. Apapun alasannya, pastikan Anda akan menjalaninya dengan maksimal dan sepenuh hati.

Dua orang anggota FLP Jakarta berhasil menjadi kontributor dalam buku antologi ini, mereka adalah Karina Anggara dan Syahrul Kai. Menurut Karina, rumus sederhana menjadi seorang penulis adalah mau berbagi sepenuh hati; entah ilmu, pengalaman maupun imajinasi yang menjelma sebagai inspirasi agar bermanfaat untuk sesama (hlm. 246).

Lain lagi dengan Syahrul Kai yang terinspirasi dari film-film animasi yang ditontonnya. Motivasi ia dalam menulis, yaitu, agar apa yang ia tuliskan akan berhasil membuat perubahan yang baik bagi dirinya sendiri dan orang lain (hlm. 130).

Ibu Retno Hening, yang dikenal sebagai ibu dari seorang bocah selebgram, yaitu Kirana, juga menyumbangkan alasan dan motivasinya menjadi penulis dalam buku ini. Ia mengatakan, untuk berbagi cerita, Anda tidaklah perlu menjadi seorang ahli karena cerita bahkan bisa datang dari keseharian seorang ibu yang sedang mengasuh anaknya. Kegiatan pengasuhan anak tiap keluarga pastinya tidak pernah sama dan tidak biasa-biasa saja. Bila para ibu menyempatkan dirinya untuk menuliskan pengalamannya masing-masing, semua ibu tersebut akanlah dapat mengambil manfaat dan pelajaran dari kegiatan pengasuhan anak keluarga lainnya (hlm. 8).

Bagi Anda yang ingin menjadi penulis, coba lihatlah dan pertanyakan kembali ke dalam diri Anda masing-masing, “Apa motivasi terbesar Anda memilih profesi ini?” Bagi yang masih bingung kenapa harus menulis, buku ini bisa menjadi referensi yang bernas bagi Anda untuk menguatkan niatan menulis itu.

Tak ada karya yang sempurna, buku ini pun masih terdapat beberapa kesalahan ketik yang luput dari pengamatan editor. Meski begitu, kekurangan tersebut tidak mengurangi esensi dan tujuan buku ini untuk menularkan virus menulis kepada pembaca.

Oleh: Nia Hanie Zen
editor: Aulia Nurdini



Apa Motivasi Anda Menjadi Penulis? Apa Motivasi Anda Menjadi Penulis? Reviewed by FLP cabang Jakarta on 5:39 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.