Mentoring Blogger #4 FLP Jakarta: Membuat Template Blog yang Ciamik


Jakarta – Melanjutkan program Mentoring Blogger, Divisi Kaderisasi FLP Jakarta menggelar kelas #BloggerAntiMager bertajuk “Membuat Template Blog yang Ciamik” di Kantor Proxsis Consulting, Gedung Permata Kuningan Lantai 17, Kuningan, Jakarta Selatan, Ahad (13/5). Seorang blogger profesional, Muhammad Rosyid alias Bang Ocit, bertindak sebagai mentor dalam pertemuan keempat mentoring blogger tersebut. Hadir dalam kesempatan itu 14 orang peserta.

Bersama Peserta dan Mentor Berpose Usai Acara (Foto: Gugun)
Mengawali acara inti, Bang Ocit memaparkan tujuan pembelajaran yang merupakan target pertemuan kali ini, yakni mengenalkan peserta seputar kunci memperindah tampilan blog. Menurut Bang Ocit, kesan pertama pengunjung terhadap blog yang dikunjungi amat dipengaruhi oleh tampilan blog tersebut.

“Percuma konten bagus jika tampilannya tidak bagus. Pengunjung akan enggan membaca apa yang ditulis sampai selesai,” ujar Bang Ocit.

Lebih spesifik lagi, Bang Ocit menyebut halaman pertama blog (landing face atau interface) memiliki peran penting dalam meraih perhatian pembaca. Oleh karena itu, blogger perlu tahu apa saja kunci mempercantik tampilan blog, khususnya pada halaman pertama. Sesuai prinsip umum pemasaran (marketing), sebut Bang Ocit, prinsip attention, interest, desire, and action (AIDA) akan berlaku ketika orang mengunjungi sebuah blog.

Bang Ocit membatasi pembahasan pada blog yang memakai platform Wordpress. Hal itu karena, sebut Bang Ocit, Wordpress adalah platform yang melibatkan kontributor dalam pengembangannya. Hal ini membuat Wordpress terus berkembang dari waktu ke waktu. Terbukti, hingga kini ada sekitar 52.000 plug-in (fitur atau fasilitas penunjang) di Wordpress. Tidak heran jika tiga puluh persen website di dunia ini, sebut Bang Ocit, berplatform Wordpress.
  
Selama sesi materi, Bang Ocit banyak memberi “kunci” terkait bagaimana mengoptimalkan Wordpress untuk tampilan blog yang lebih profesional. Peserta juga diajak untuk langsung mempraktikkan langsung setiap kunci yang dijelaskan Bang Ocit. Sayangnya, karena keterbatasan waktu yang tersedia tidak semua “kunci” dijelajahi secara optimal. Di akhir pertemuan, Bang Ocit menyatakan dirinya membuka peluang kepada peserta untuk berkonsultasi lebih lanjut terkait materi yang dibawakannya jika nanti dibutuhkan.

Praktik Langsung Peserta dan Bimbingan Mentor (Gambar: Gugun)
“Jadi tau lebih dalam tentang blog. Apalagi ngajarnya langsung praktik, dikasih kunci-kuncian supaya blog keren. Dahsyat. Alhamdulillah, FLP berhasil mendatangkan pembicara-pembicara keren dan emang pakarnya. Ini di luaran mah udah mahal banget,” seru salah satu peserta, Farah V. Syahrini alias Iecha, mengungkapkan kesannya usai mengikuti Mentoring Blogger #4.

(NA)

Mentoring Blogger #4 FLP Jakarta: Membuat Template Blog yang Ciamik Mentoring Blogger #4 FLP Jakarta: Membuat Template Blog yang Ciamik Reviewed by Nur Afilin on 23.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.