Rekrutmen Pramuda 21 FLP Jakarta


Ketika kamu merasa punya minat di bidang literasi, dan banyak hambatan yang terjadi, mungkin karena selama ini kamu hanya sendiri. Pernah mencoba bergabung dengan komunitas tapi tidak mendapat apa apa? Ssst tenang, FLP itu beda, pokoknya beda dan kamu harus tahu. Forum yang berdiri sejak tanggal 22 February 1997 ini telah membawa beberapa nama besar penulis nusantara. Sedangkan FLP Cabang Jakarta sendiri Aktif pada tahun 2000 tidak kalah dengan FLP pusat banyak juga penulis penulis berbakat yang pernah dan masih bernaung di FLP Jakarta. 

"Masuk FLP itu impian banget, lho om.” Aku masih inget pas pertama kali datang ke Jakarta, nekad sendirian nyari alamat sekretariatnya, dulu cuman bisa ngelihat dari luar, dan ga nyangka sekarang udah tergabung di FLP" ujar salah satu penulis berbakat yang tergabung di angkatan muda 19 FLP Jakarta

Masih belum yakin hayuk ini beberapa alasan kenapa gabung di FLP Jakarta itu untung banget, (heleh udah kaya agent MLM ya? tapi serius lho)


1. Nambah Ilmu Dunia Literasi.
Pastinya, namanya juga komunitas nulis sudah tentu kita akan dapat ilmu ilmu tentang kepenulisan


Sebelum bergabung jadi anggota, kamu akan di training selama 6 bulan 12 kali pertemuan dengan materi berbeda.Dan disinilah keuntungannya, sebab tidak seperti kamunitas lain, di FLP kamu bakal dapat modul kurikulum yang akan diajarkan oleh pengampu pengampu terbaik yang ada di FLP Jakarta. Mulai dari pencarian ide, jurnalistik, sampai teknik menulis skenario juga bakal diajarkan disini. Tentunya kamu sudah muakkan dengan tayangan sinetron yang ada, siapa tahu dengan bergabung disini dan tertarik di bidang skenario kamu bisa membawa perubahan dunia per-sinetronan tanah air? bukankah kamu mengaku sebagai agent perubahan?


2. Makin Banyak Relasi.
Jika alasan pertama tidak cukup memuaskanmu sepertinya ini hal yang penting yang harus kamu ketahui, pada dasarnya penulis adalah manusia dan yang kita tahu manusia adalah mahluk sosial, secara tidak langsung penulis juga harus lebih banyak lagi bergaul. Wooy kamu ini mau jadi penulis harus banyak banyak relasi. Dengan begitu kamu bisa dikenal banyak orang dengan artian menjadi penulis tidak bisa hanya sendiri, nanti ujung ujungnya desperate. Dengan bergaul kita jadi lebih banyak tahu dunia luar, karena dunia tidak hanya seluas layar ponselmu.

Lagi pula di FLP banyak lho penulis yang udah menerbitkan bukunya, dengan menjalin relasi kita bisa dapat tips dan cara agar bisa tembus ke penerbit, dengan tambah relasi tambah pula info info 
penting dari penerbit dan apa yang sedang mereka butuhkan. Jadi kalau masih ingin jadi penulis, jangan menyendiri, ayo keluar dari goa dan gabung bersama kami di FLP Jakarta.


3. Tantangan Untuk Beraksi.
Masih ga yakin? kamu harus cobain tantangan yang sering di adakan oleh divisi karya FLP Jakarta, disini kamu akan ditantang sejauh mana skill kepenulisanmu. Divisi Karya di FLP Jakarta akan menantang kita dalam berbagai macam lomba literasi yang cukup menggoda. Ya setidaknya sebelum kita benar benar bertarung melawan editor dari penerbit ternama yang sudah kita incar, menjawab tantangan dari Divisi Karya adalah batu loncatan.

Apresiasi yang tidak sederhana akan kamu dapatkan jika berhasil menyabet juara dalam setiap lomba menulis yang diadakan. Satu tantangan lagi, setelah tergabung kita bakal ditantang nih, berapa tahun kita punya tenggang waktu untuk berani menerbitkan satu buku, atau Karya di media, semakin banyak karya yang kita miliki yang diterbitkan jam terbang bertambah semakin matang kita menuju jejang penulis profesional. Masak kita mau begini begini saja, katanya penulis mana karya nya (uhuk tertohok). Kamu juga bisa mengikuti tantangan dalam penerbitan antologi yang sering diadakan baik seangkatan ataupun lintas generasi, kapan lagi bisa mejeng satu buku bareng penulis beken FLP Jakarta?


4. Literasi Juga Harus Berruhani.
Ini dia yang membedakan, di FLP Jakarta selain mendapat materi kepenulisan kita juga bakal mendapatkan materi keislaman yang akan menambah wawasan kita dalam beragama, salah satu slogan utama FLP adala Bermakna, maka tulisan tulisan juga harus membawa unsur unsur makna keislaman, makna kebaikan, apa untungnya menulis jika tidak bisa membuat orang tercerahkan? terlebih malah membuat orang semakin sesat itu sih bahaya. Dari sinilah Divisi Rohis akan membimbing kita agar menjadi penulis yang lebih baik, tidak hanya teknis penulisan tapi juga baik dalam segi konten, tulisan adalah salah satu jalur dakwah yang mudah dipahami, setidaknya orang tidak merasa terpaksa untuk memahami gagasan kita. Ruhani keislaman sangat penting agar tulisan yang kita hasilkan tidak keluar dari jalur.

Agar apa yang kita bawakan membawa keberkahan dan manfaat bagi orang lain, bukankah orang yang palin baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang banyak? 

Memang tidak ada yang sempurna, tapi jika kamu mau selangkah lebih maju, ayo gunakan kesempatan ini untuk level up skill menulismu. Ditunggu lho ya.(
KHAIRYL ACHMAD)



Rekrutmen Pramuda 21 FLP Jakarta Rekrutmen Pramuda 21 FLP Jakarta Reviewed by ARYA NOOR AMARSYAH on 21.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.