Catatan Bedah Buku ADAB

Akidah adalah hal mendasar bagi seorang mukmin dalam menjalankan kehidupan. Akan tetapi plurarisme saat ini begitu mengkhawatirkan. Bahwa pola pikir sebagian ummat Islam mulai kehilangan arah, mengatakan bahwa semua agama dianggap sama dihadapan Tuhan.


Sebagai contoh kejadian yang sedang marak diperbincangkan saat ini di sosial media, tentang pro dan kontra dalam memilih pemimpin non muslim. Padahal jelas tertulis dalam Al-Qur'an surat Al Maidah ayat ke-51.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi auliya bagimu; sebahagian mereka adalah auliya bagi sebahagian yang lain. Barang siapa di antara kamu mengambil mereka menjadi auliya, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka.  Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang lalim.” (QS. Al-Maidah : 51)

Akan tetapi, sebagian ummat Islam tetap memilih calon pemimpin yang berbeda keyakinan. Paham seperti ini tentu akan sangat mengganggu akidah seorang muslim. Mereka cenderung berfikir liberal.

Forum Lingkar Pena memiliki 3 pilar :
1. Keorganisasian
2. Kepenulisan
3. Keislaman.

Selama ini FLP lebih condong pada "Kepenulisan", baik itu motivasi dalam menulis, tehnik dalam menulis dan lain sebagainya. Pilar keislaman seringkali luput dalam pembahasan bagi anggota-anggotanya.

Kita seringkali diminta untuk terus menulis yang baik dan benar. Akan tetapi hal yang paling mendasar dalam menulis belum jelas. Tak jarang pula timbul pertanyaan dalam diri kita ketika hendak menulis :
1. Apa yanga mau kita tulis?
2. Bila ingin menulis tentang dakwah, apa yang mau didakwahkan?
3. Menulis bergaya sastra. Sastra Islam yang seperti apa?
4. Nilai-nilai Islam yang bagaimana?

Artinya ada masalah yang terjadi dalam tubuh FLP yang belum terselesaikan : Platfom belum jelas karena diskusi yang belum tuntas. Ini adalah tanggung-jawab bersama, terutama divisi rohis!

Ketika akidah sudah kuat, maka kita tahu mana yang baik untuk dituliskan dan mana yang tidak. Semua yang dituliskan akan bernilai ibadah.
Ada 3 syarat pekerjaan menjadi bernilai ibadah dihadapan-Nya :
1. Lillah : Karena ALLAH
2. Billah : Dengan (cara) ALLAH
3. Ilallah : Hanya teruntuk ALLAH

Ketika kita menulis karena, dengan, dan hanya teruntuk ALLAH sudah pasti tulisan yang dihasilkan berbentuk dakwah.

Ada 3 hal dalam berdakwah :
1. Memiliki target
2. Mengubah diri kita dan masyarakat
3. Memiliki visi dan misi dalam menulis

FLP masih harus "diseragamkan" dalam menulis, terutama tentang dakwah, fikrah dan akidah. FLP (terutama Divisi Rohis) bertanggung-jawab dalam 'barisan' target dan tujuan yang sama. Dan buku ADAB mencoba untuk sedikit menyelesaikan masalah yang terjadi.

Prinsip dakwah tercantum dalam surat Ash Shaff ayat 4, yang berbunyi sebagi berikut :

"Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh."

FLP harus menjadi ujung tombak untuk mengubah peradaban, melalui ghazwul fikr (Perang Pemikiran) dalam menulis.
Karena semakin berkembangnya informasi, maka akan semakin besar perang pemikiran manusia, dan FLP harus mempunyai tanggung-jawab terhadap tulisan yang dapat mencerdaskan ummat.

Dakwah berperan penting untuk sebuah perubahan. Karena dakwah tidak sekedar ceramah, dan tidak cukup dengan semangat. Dakwah adalah "Amar ma’ruf nahi mungkar"!

"Kamu adalah ummat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik." (QS. Ali Imran : 110)

Demikian catatan Divisi Rohis hasil dari bedah buku ADAB  yang dilaksanakan pada hari Ahad, 12 Februari 2017

Mengutip pesan Ust. Akmal Sjaril :
Dakwah itu orientasinya bukan pada hasil tetapi pada proses, karena hidayah mutlak milik ALLAH.


Elenra
Catatan Bedah Buku ADAB Catatan Bedah Buku ADAB Reviewed by ADP on 7:19 AM Rating: 5

4 comments:

  1. Kece badai warisan bukunya, Divisi Rohis!

    Sy hrs khatam buku ADAB nih sblm komentar lbh jauh ttg isi buku, hehe..


    ReplyDelete
  2. Nice. Buku yang sangat ditunggu-tunggu.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.