Pemenang Lomba Reportase Inaugurasi Pramuda 19

Segitiga Ber"muda"

 oleh Rahmat Zubair


Jakarta, 01 November 2015 adalah hari pelaksanaan inaugurasi yang diadakan oleh sebuah komunitas literasi aktif dan produktif, Forum Lingkar Pena DKI Jakarta. Komunitas yang berdiri sejak tahun 2000 ini setiap tahunnya memang selalu punya warna baru. Salah satunya dengan adanya Inaugurasi untuk anggota Pramudanya.
Dengan diadakannya kegiatan ini, maka sekaligus juga menjadi saat pengetokan palu bagi anggota pramuda yang dinyatakan lulus sebagai anggota Muda FLP DKI Jakarta. Maka keputusannya yaitu sebanyak 22 orang yang tercatat dinyatakan lulus. 
Acara ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Tempat pelaksanaannya di kawasan Ecopark Ancol, Jakarta Utara. Agenda awal diisi dengan semacam game edukatif. Dari 22 orang peserta semua dipecah manjadi 5 kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 4-6 orang. Dengan ketentuan setiap kelompok harus menjalankan misi pengisian 50 soal yang sudah disiapkan oleh panitia. Tentu saja soalnya berkaitan tentang materi-materi yang sudah disampaikan sebelumnya dalam setiap pertemuan Pramuda angkatan 19 ini. Adapun selain itu beberapa soal yang bersangkutan dengan sejarah sastra di Indonesia. Sengaja dicantumkan mungkin untuk menilai sejauh mana pengetahuan para peserta tentang jejak literasi sastrawan negeri.
Adapun aturan mainnya, yaitu setiap kelompok harus melewati beberapa pos yang sudah disiapkan. Namun, bukan berarti mereka hanya melewatinya begitu saja, tapi di setiap posnya sudah disiapkan para penguji dari kalangan senior untuk menanyakan beragam hal. Mulai dari perihal ke-FLP-an, kesusastraan, dan pertanyaan-pertanyaan lain tentang keseriusan setiap individu untuk mewujudkan cita mereka menjadi seorang penulis. 
Dan, semua peserta mengikutinya dengan baik. Ide-ide brilian dan kegigihan mereka telah mengantarkan mereka ke gerbang akhir acara, yaitu pengukuhan konstitusional yang dilaksanakan dengan rapalan ikrar yang “sakral”. Bagian dari ikrar yang paling menarik adalah, janji kesiapan para anggota untuk menebar ilmu sekaligus meraup pahala dengan tujuan dakwah Lillah. 
Acara semakin khidmat, terlebih setelah seorang penulis ‘handal’ asal pulau mirip huruf “K” itu datang memberi wejangan hangat tentang jejak perjalannya menjadi seorang penulis. Dialah si penulis yang sudah tak asing lagi di telinga pecinta fiksi, Daeng Gege. Menjadi suatu kesempatan emas, beliau bisa hadir membersamai kami. Karena kebetulan waktu itu dia juga sedang di Jakarta selepas menghadiri malam penganugerahan untuk dirinya. 
Kalimat demi kalimat disampaikan oleh Daeng Gege. Sejarah yang menggugah, membuat diri semakin bergairah untuk terus berkiprah dalam dunia literasi sebagai ladang dakwah. 
Salah satu dari pesan-pesan yang disampaikan itu adalah, seseorang tidak akan pernah sampai kepada apa yang ia ingin capai jika tak ada tekad kuat dan usaha kuat. Dari sini, bisa juga kita simpulkan bahwa, dakwah lewat tulisan itu seperti sebuah bangun ruang segitiga. Sudut kanan adalah akhirat, sudut kiri adalah dunia. Menulis itu harus senantiasa mengaitkan dunia dan akhirat. Dari keduanya, maka sampailah ia ditujukan kepada sudut teratas. Yaitu Allah SWT. Inilah yang kita sebut sebagai ladang pahala. Setiap perkara dunia, kita kaitkan dengan akhirat. Tentu, semuanya harus tertujukan untuk Lillah semata. Maka bolehlah aku menamai teori dengan sebutan “Teori Segitiga Bermuda”

Klaten 08112015 
http://rahmatzubair.tumblr.com/post/132796088267/segitiga-bermuda


Catatan :
Rahmat Zubair merupakan pemenang utama dalam Lomba Reportase Inaugurasi Pramuda 19 yang diadakan internal oleh Divisi Karya FLP Jakarta periode 1 November s/d 8 November 2015. Walau masih ada kekurangan, tetapi reportase di atas tergolong memenuhi kriteria-kriteria yang ditentukan dan Divisi Karya sengaja tidak melakukan pengeditan untuk menjaga orisinalitas. Pemenang kembali mendapatkan hadiah bingkisan berupa sebuah karya dari penulis ternama, piagam dari Divisi Karya FLP Jakarta dan karyanya berhasil dimuat di sini. Selamat ya, Rahmat! :)
Pemenang Lomba Reportase Inaugurasi Pramuda 19 Pemenang Lomba Reportase Inaugurasi Pramuda 19 Reviewed by Divisi Karya FLP Jakarta on 18.23 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.