Signs of the hour "The false messiah"


Bismillahirrahmanirrahim


Meski semalam ( 13 Nopember 2015 ) Ibukota Jakarta diguyur hujan deras disertai angin kencang sejak sore hari, namun kajian Islam D'Lisya ( Dialog Lepas Isya ) yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat setelah shalat 'Isya tetap ramai dihadiri jamaahnya.

Kali ini, bidang kajian Youth Islamic Study Club ( YISC ) Al Azhar bekerjasama dengan Al Kauthar Institute mempersembahkan Majelis ilmu D'Lisya edisi khusus, dengan mengambil tema : Signs of the hour "The false messiah"

Syeikh Abdurrahmann Murad, didaulat menjadi pembicara khusus kajian malam tadi. Beliau lulusan sekolah IT dan mengenyam pendidikan Islam di Universitas Riyadh, Arab Saudi. Berikut isi kajian yang disampaikan ulama asal Kanada ini :

Kita harus bersyukur Kepada Allah Subhanallahu Ta'ala karena masih diberikan waktu, kesehatan dan imam Islam.

Diriwayatkan dari Sahabat Hudzaifah bin Usaid Al Ghifari ia berkata: "Rasulullah SAW memperhatikan kami sewaktu kami sedang berbincang. Beliau bertanya, Apa yang sedang kalian perbincangkan? Mereka menjawab, Kami berbincang tentang hari kiamat. Beliau bersabda, Sesungguhnya kiamat tidak akan terjadi sehingga kamu melihat 10 tanda. Lalu beliau menyebut asap, Dajjal, binatang, terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya ( Barat ), turunnya Nabi Isa, Ya'juj dan Ma'juj, tiga longsor besar, longsor di Timur, longsor di Barat, dan longsor di semenanjung Arab. Yang terakhir adalah keluarnya api yang keluar dari Yaman yang akan menggiring manusia ke tempat mahsyar mereka."
( HR. Muslim )

Sekarang ini kita sudah bisa menyaksikan tanda-tanda kiamat ( kecil ) yang terjadi di dunia. 100 ribu tahun lalu, muslim sangat takut dengan tanda-tanda kiamat dan hadirnya Dajjal. Tetapi, ummat Islam sekarang bersikap sebaliknya, biasa saja, seolah tidak ada ketakutan/ kekhawatiran akan datangnya hari akhir dan fitnah tersebut. 

Bersyukurlah kita sebagai seorang muslim. Kita dapat membaca Al-Qur'an dengan menikmatinya seperti sedang berbicara Kepada Allah Ta'ala. Dan ketika membaca hadist, seolah kita sedang menikmati kebersamaan/ bertemu bersama Rasulullaah Muhammad SAW.

"Kekhilafahan ummatku selama 30 tahun, kemudian setelah itu adalah masa kerajaan." ( HR. Abu Dawud )

Keresahan Rasulullah akan terjadinya kekerasan, kejahatan yang sangat kejam di muka bumi setelah masa kekhalifan selesai ( tidak kurang, tidak lebih selama 30 tahun ) benar-benar telah terjadi saat ini.

Sejak 1400 tahun lalu, Rasulullah juga mengkhawatirkan fitnah Dajjal akan terjadi pada ummatnya. Karena Dajjal adalah mahluk paling menakutkan, yang memiliki kemampuan luarbiasa ( tidak biasa ). Terutama bagi mereka yang tergoda urusan duniawi, jabatan, harta dan wanita. Meskipun Dajjal juga akan tetap menggoda orang-orang shalih dengan cara yang berbeda. 
Contoh Dajjal menyesatkan orang shalih dengan cara membangkitkan orang-tua ( orang yang dicintainya ) dari kubur. Mereka akan digoyahkan keimanannya, masih percaya Kepada Allah Ta'ala atau mulai percaya dengan Dajjal. Na'udzubillah.

"Tidak ada satu makhlukpun sejak Adam diciptakan hingga terjadinya hari kiamat yang fitnahnya ( cobaannya ) lebih besar dari Dajjal." ( HR. Muslim )

Berikut ini adalah 6 diantaranya sekian banyaknya fitnah Dajjal :
1. Dapat menghidupkan manusia yang telah ia bunuh
2. Surga dan Neraka ( Seolah ) bersamanya.

Dari Hudzaifah RA, Rasulullah Shallallahu SAW bersabda: "Dajjal cacat matanya yang kiri, keriting rambutnya, bersamanya surga dan nerakanya. Nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka." ( HR. Muslim )

3. Memerintahkan langit menurunkan hujan.
4. Harta benda akan mengikutinya seperti sekelompok lebah.
5. Menggergaji seseorang lalu membangkitkannya kembali. 
6. Bersamanya air, sungai dan gunung roti.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya bersama dia ada surga dan nerakanya, sungai dan air, serta gunung roti. Sesungguhnya surganya Dajjal adalah neraka dan nerakanya Dajjal adalah surga." ( HR. Ahmad )


Syeikh yang menjadi konselor bagi para mualaf di Kanada itu melanjutkan, bahwa zaman sekarang banyak sekali yang tidak mempercayai akan hadirnya Dajjal, hingga tidak menyadari tanda-tanda akhir zaman yang telah terjadi saat ini ( Peperangan, pertumpahan darah, banyak yang mengaku sebagai khalifah, dan lain sebagainya ).

Kita yang beriman dan meyakini bencana akhir zaman harus tetap berpegang teguh pada tali agama Allah Ta'ala dengan membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur'an dan Hadist. Karena Al-Qur'an bisa menjaga dan melindungi kita dari fitnah Dajjal.

Renungilah makna surat al-Ikhlas :
1. Qul huwa allaahu ahad(un) : Katakanlah : Dia-lah Allah Yang Maha Esa
Kata "Qul" itu langsung dari Allah.

2. Allaahu alshshamad(u) : Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
Kata "Shamad" tidak dapat dijabarkan maksudnya

3. Lam yalid walam yuulad(u) : Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan

4. Walam yakullahu kufuwan ahad(un) : Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia


Pada akhir zaman, akan ada 2 golongan ummat Islam :
1. Orang-orang munafik. Mereka mengaku beriman, tetapi hanya berpura-pura saja beriman. ( Tidak mencerminkan ajaran Rasulullah ).
2. Orang-orang yang tetap yakin dan percaya Hanya Kepada Allah Subhanallahu Ta'ala.

Namun kekhawatiran Rasulullah dijawab dalam sebuah hadist shahih berikut ini :
"Aku kabarkan berita gembira mengenai Al-Mahdi yang diutus Allah ke tengah ummatku ketika banyak terjadi perselisihan antar-manusia dan gempa-gempa. Ia akan penuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kesewenang-wenangan dan kezaliman." ( HR Ahmad )

Ingatlah, bahwa Dajjal sama seperti manusia. Dia tetap membutuhkan makan juga minum. Begitulah hakekatnya sebagai mahluk ciptaan Allah Ta'ala, yang tetap melalui proses untuk menjalani kehidupan.


Demikian penjabaran materi yang disampaikan oleh Syeikh Abdurrahman Murad yang lahir di Kanada dan untuk pertama kalinya mengunjungi Indonesia. Semoga bermanfaat.



Ruang utama Masjid Agung Al-Azhar
Jakarta

Signs of the hour "The false messiah" Signs of the hour "The false messiah" Reviewed by Era Elenra on 8:27 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.