SADAR SEJARAH


Habiburrahman El Shirazy ajak pemuda Muslim untuk belajar sejarah Islam. Pasalnya, menurut Kang Abik (panggilan akrab Habiburrahman El Shirazy), umat Islam masih memiliki kesadaran bersejarah yang rendah. Buktinya bisa dilihat jika dibandingkan antara jejak Islam di Demak. Begitu jelasnya saat mengisi acara di Bandung Islamic Book Fair, Sabtu (6/6).
Kang Abik menjelaskan, kebesaran kerajaan Demak di masa lalu tidak terbayang di benak orang Demak saat ini. Sebab jejak kerajaan Demak tidak tertinggal sama sekali. Yang tertinggal hanyalah makam Sunan Kalijaga dan Masjid Agung Demak.
Dalam Al Quran sendiri banyak berisi tentang sejarah dan termasuk pedoman dan pelajaran untuk kaum muslimin. Karena itulah menurutnya penting bagi muslim untuk belajar sejarah. Sebab ada hikmah yang dapat dipetik dari sejarah tersebut. Meski kejadiannya berbeda, namun hikmah dari sejarah itu kerap berulang.


Benar apa yang dikatakan kang Abik. Kaum muslimin perlu meningkatkan kesadarannya pada sejarah. Sebab Rasulullah saw pun diingatkan Allah akan berbagai sejarah yang terjadi di masa lalu.
Dalam buku Romantika Yusuf, karya Amru Khalid terdapat riwayat, turunnya surat Yusuf tidak berapa lama setelah paman Rasulullah saw, Abu Thalib dan istri beliau, Khadijah wafat. Tahun itu dikenal dengan istilah Aamul Huzn (tahun kesedihan). Di tahun itulah, surat Yusuf turun.
Seolah Allah ingin menghibur Rasulullah saw. “Wahai Muhammad, engkau tidak perlu bersedih. Engkau tidak sendiri. Bukan hanya engkau saja yang dimusuhi orang-orang terdekatmu. Nabi Yusuf pun dimusuhi oleh saudara-saudaranya sendiri.”
“Wahai Muhammad, engkau tidak perlu bersedih. Engkau tidak sendiri. Bukan engkau saja yang berpisah dengan orang-orang terdekat pendukungmu. Engkau berpisah dengan pamanmu, Abu Thalib dan istrimu, Khadijah. Sementara nabi Yusuf harus berpisah dengan ayahnya, yaitu Nabi Ya’kub.”
Riwayat ini menjelaskan bahwa Rasulullah pun diberitahu tentang sejarah nabi Yusuf. Jika Rasulullah saja diminta untuk ‘melek’ sejarah, tentu kita sebagai umatnya lebih perlu lagi untuk ‘melek’ sejarah.

 sumnber image:http://cdn.ar.com/
SADAR SEJARAH SADAR SEJARAH Reviewed by ARYA NOOR AMARSYAH on 01.08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.