Islam Ajarkan Raih Kondisi Ideal


Mungkin pengalaman ini pernah juga dirasakan teman-teman. Di hari Jum’at, di saat waktu sholat akan tiba. Di saat itulah, mungkin kita akan tergesa-gesa sampai di masjid. Khawatir adzan berkumandang, ketika belum sampai di masjid.
Tetapi begitu di masjid, terlihat masjid masih sepi dari jama’ah. Walhasil sampai di masjid sebelum adzan berkumandang, bahkan termasuk orang-orang yang datang di urutan-urutan awal.
Di satu sisi, kondisi ini menguntungkan. Karena bisa jadi adzan sholat Jum’at belum dikumandangkan, karena jama’ah belum berkumpul. Sehingga kita terhitung tidak terlambat. Keuntungan lainnya adalah kita termasuk orang-orang yang awal datang ke masjid di hari Jum’at.
Tetapi di sisi lain, karena kondisinya seperti ini, kaum muslimin jadi bermalas-malasan ke masjid di hari Jum’at. Buat apa terburu-buru ke masjid, toh belum ada yang hadir.
Kondisi ini terus berlangsung dan akhirnya menjadi patokan, menjadi dalil atau menjadi alasan.
Padahal jika datang di awal waktu, banyak hal bisa dilakukan. Dapat menunaikan shalat sunnah terlebih dahulu. Memperbanyak membaca shalawat sebagaimana dianjurkan Rasulullah. Selain itu, dapat membaca surat Al-Kahfi. Tapi kondisi ideal ini tidak tercapai. 
“Bu haji aje, lehernya kelihatan.” Begitulah kondisinya. Standar busana muslimah dlihat dari bu haji yang mengenakan. Bukan Al-Quran dan hadits
“Pak haji aje, masih ngomongin orang.” Sekali lagi standarnya pada kondisi yang terjadi dan bukan seharusnya bagaimana menurut Islam.
Begitulah kondisi beberapa kaum muslimin. Mungkin di sinilah hikmah Allah menyerukan agar kita meneladani Rasulullah, meneladani manusia terbaik. Standar yang ideal.
Bisa jadi di sinilah rahasia, mengapa target dari ibadah kepada Allah adalah ketakwaan. Bukan sekedar ibadah, dapat pahala, menggugurkan kewajiban. Karena Allah ingin mengajak kita untuk menggapai sesuatu yang ideal, yang terbaik.

sumber image: http://www.wathakker.info/
Islam Ajarkan Raih Kondisi Ideal Islam Ajarkan Raih Kondisi Ideal Reviewed by ARYA NOOR AMARSYAH on 02.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.