Harta Kadang Tak Ada Nilainya



Siang itu (14/6), sekitar pukul satu, saya melewati taxi yang sedang mangkal. Jok di depan dimundurkan dan nampak supir taxinya sedang tidur lelap.

Tak jauh dari sana ada sebuah gerobak pemulung. Di atas gerobak diletakkan sebuah tenda yang memayungi gerobak itu. Di dalamnya nampak sang pemulung tidur pulas.

Di belakang gerobak pemulung itu nampak sebuah bajaj berbahan bakar gas. Tahu khan bajaj berbahan bakar gas? Itu loh warna bajajnya berwarna biru, berbeda dengan bajaj biasanya yang berwarna warna khas Persija alias orange.

Di dalam bajaj itu, nampak supir bajaj sedang tidur nyenyak.

Tiga pemandangan ini terlihat di jalan Pegangsaan Tengah, Jakarta Pusat. Betapa bahagianya mereka dapat tidur nyenyak. Tidak semua orang bisa tidur nyenyak. Jika seseorang bisa tidur nyenyak, maka dia akan merasakan nikmat yang luar biasa. Nikmat yang tidak bisa dinilai atau ditukar dengan harta, materi atau uang sebanyak apa pun.

Terkadang uang atau harta tidak ada nilainya sama sekali. Suatu ketika Ibnus Samak bertemu dengan khalifah Harun Ar-Rasyid. Khalifah berkata padanya, “Berilah nasihat pada saya.” Pada saat itu, di tangan khalifah terdapat segelas air. Ibnu As-Samak berkata, “Wahai Amirul Mu’minin! Jika minuman itu tidak ada padamu, apakah engkau bersedia menebusnya dengan semua harta milikmu?” Khalifah menjawab, “Ya benar.” Ibnu As-Samak kembali bertanya, “Wahai Amirul Mu’min! Jika engkau telah minum air ini, namun engkau dilarang untuk keluar (untuk buang air), apakah engkau bersedia menebusnya dengan semua harta milikmu?” Khalifah Harun Ar-Rasyid menjawab, “Ya saya bersedia.” Ibnu As-Samak berkata padanya, “Harta itu tidak ada nilainya sama sekali. Dia tidak sebanding dengan air minum dan buang air.” (Al-Mustathraf/ juz 2/293)

Lihat, harta tidak ada nilainya sama sekali. Air amat berharga di tengah teriknya matahari, di saat berbuka puasa. Nikmatnya buang air juga tidak ternilai harganya. Demikian pula dengan tidur nyenyak. 


Semoga bermanfaat

sumber image: http://sp.beritasatu.com/
Harta Kadang Tak Ada Nilainya Harta Kadang Tak Ada Nilainya Reviewed by ARYA NOOR AMARSYAH on 9:09 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.